Management Logistik VS Supply Chain Management


               Sebelum dapet kuliah Supply Chain Management (SCM) ini, saya ngerasa klu Supply Chain Management ma Logistic Management itu sama aja, cuma beda nama doank..eeh setelah dipaparin ama dosen ku yang baik hati dikelas, baru tau deeh tau klu Supply Chain Management  ama Logistic Management itu beda.. Intinya bahwa Logistic Management itu bagian dari Supply Chain Management.. Inidia penjabaran mengenai SCM dan managemen logistik :
Manajemen logistik: bagian dari proses supply chain meliputi merencanakan, mengimplementasikan dan mengontrol aliran barang, jasa dan informasi secara efisiensi dan efektif mulai dari point-of-origin hingga ke point-of-consumption dgn tujuan memenuhi kebutuhan konsumen (Council of Logistics Management).
SCM: Integrasi dari proses bisnis utama mulai dari end user hingga original supplier untuk menyediakan produk, jasa, & informasi yang bernilai tambah (added value) bagi konsumen/stakeholder lainnya. (Lamber, Cooper, Path, 1998)
Jadi, kesimpulannya .....
Manajemen Logistik  berorientasi pada perencanaan dan kerangka kerja yang menghasilkan rencana arus barang dan informasi diseluruh perusahaan (mengutamakan pengelolaan arus barang dalam perusahaan)
Sedangkan
Supply Chain Management mengutamakan arus barang antar perusahaan dari hulu ke hilir (dari perusahaan ke toko) dan melibatkan supplier sampai dengan pelanggan..

0 komentar:

Posting Komentar