Strategic fit
merupakan konsistensi antara prioritas pelanggan yang diharapkan mampu dipenuhi
oleh strategi kompetitif dan kemampuan rantai nilai yang dapat dibangun dengan
strategi supply chain.
Strategic fit dicapai dengan tiga tahap, yaitu:
1. Memahami pelanggan dan ketidakpastian rantai pasokan ( Understanding the Customer and Supply Chain Uncertainty)
Pertama, perusahaan harus memahami kebutuhan pelanggan pada masing-masing segmen dan ketidakpastian supply chain yang dihadapkan pada pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan ini membantu perusahaan menemukan keinginan biaya dan permintaan jasa. Ketidakpastian rantai pasokan membantu perusahaan mengidentifikasi tingkat ketidakmampuan dalam memprediksi permintaan, gangguan, dan keterlambatan.
2. Memahami kemampuan rantai pasokan (Understanding the Supply Chain Capabilities)
Terdapat beberapa jenis supply chain, masing-masing dirancang untuk pelaksanaan tugas yang berbeda. Perusahaan seharusnya mengetahui bagaimana supply chain didesign dengan baik.
3. Pencapaian strategic fit (Achieving Strategic Fit)
Jika terdapat persaingan yang tidak sebanding antara supply chain dengan kebutuhan pelanggan, perusahaan juga akan mengatur kembali rantai pasokan untuk mendukung strategi kompetitif atau mengubah strategi kompetitif.
Strategic fit dicapai dengan tiga tahap, yaitu:
1. Memahami pelanggan dan ketidakpastian rantai pasokan ( Understanding the Customer and Supply Chain Uncertainty)
Pertama, perusahaan harus memahami kebutuhan pelanggan pada masing-masing segmen dan ketidakpastian supply chain yang dihadapkan pada pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan ini membantu perusahaan menemukan keinginan biaya dan permintaan jasa. Ketidakpastian rantai pasokan membantu perusahaan mengidentifikasi tingkat ketidakmampuan dalam memprediksi permintaan, gangguan, dan keterlambatan.
2. Memahami kemampuan rantai pasokan (Understanding the Supply Chain Capabilities)
Terdapat beberapa jenis supply chain, masing-masing dirancang untuk pelaksanaan tugas yang berbeda. Perusahaan seharusnya mengetahui bagaimana supply chain didesign dengan baik.
3. Pencapaian strategic fit (Achieving Strategic Fit)
Jika terdapat persaingan yang tidak sebanding antara supply chain dengan kebutuhan pelanggan, perusahaan juga akan mengatur kembali rantai pasokan untuk mendukung strategi kompetitif atau mengubah strategi kompetitif.
Intiiinyaaa.....
Langkah pertama dalam pencapaian strategic fit antara
kompetitif dan strategi supply chain adalah memahami pelanggan dan
ketidakpastian supply chain. Ketidakpastian dari pelanggan dan supply chain
dapat dikombinasikan dan dipetakan pada spektrum ketidakpastian
Langkah kedua dalam pencapaian strategic fit antara
kompetitif dan strategi supply chain adalah memahami supply chain dan
memetakannya pada spektrum kemampuan reaksi
Langkah terakhir dalam pencapaian strategic fit
adalah mencocokan antara kemampuan reaksi supply chain dengan
ketidakpastian dari permintaan dan penawaran. Rancangan rantai pasokan dan
selurih strategi fungsional pada perusahaan harus dapat mendukung tingkat
kemampuan reaksi suplly chain.
Lingkup strategic fit adalah fungsi-fungsi yang ada
pada perusahaan dan langkah-langkah yang yang tepat yang dapat menemukan
hubungan strategi dengan tujuan. Lingkup interperusahaan dari strategic fit
pada saat ini merupakan hal yang penting karena persaingan dalam wilayah
perusahaan dengan perusahaan telah berubah menjadi persaingan supply chain satu
dengan yang lainnya.
Rekan kerja perusahaan dalam supply chain akan
menentukan kesuksesan perusahaan. Lingkup interperusahaan dari strategic fit
membutuhkan evaluasi tiap tindakan pada sebuah perusahaan dalam keseluruhan.
Lingkup ini meluas pada seluruh langkah di supply chain.
0 komentar:
Posting Komentar